Idealnya
sebagai seorang pekerja atau pegawai, harus menyenangi dan mencintai apapun
pekerjaannya. Namun, seberapapun besarnya cinta kita pada pekerjaan, terkadang
beban tugas yang berat dan dibayangi tengat waktu, seringkali membuat seseorang
menjadi stress. Padahal keadaan pikiran yang tidak segar itu bisa berdampak
buruk bagi performa kerja. Stres bisa membuat seseorang menjadi mals-malasan,
seringkali menunda pekerjaan dan menghasilkan laporan yang tidak maksimal.
Untuk
mensiasati rasa jenuh, agar bisa rileks saat harus mengerjakan setumpuk
pekerjaan yang dikejar target, antara
lain :
1.
Dahulukan
bagian yang tersulit.
Saat
baru memulai pekerjaan, biasanya masih fresh dan semangat. Gunakanlah
kesempatan ini untuk melakukan pekerjaan yang dianggap berat dan sulit. Seiring
berjalan waktu, makin lama semangat akan menurun, dan pekerjaan yang tersisa
adalah bagian yang mudah.
2.
Dalam
bekerja, jangan terpaku di atas kursi, di depan meja terus. Selingi dengan
gerakan olahraga ringan untuk meregangkan otot dan relaksasi, sehingga pikiran
dan hati akan lebih tenang.
Bagi
seseorang yang lebih banyak bekerja dengan duduk, di saat otot-otot sudah
terasa pegal dan kaku, cobalah untuk melakukan olahraga kecil. Gerakan-gerakan
yang dilakukan berupa stretching,
peregangan, untuk mengurangi rasa pegal, sakit dan stress. Jangan terlalu
memaksa otak untuk bekerja terlalu keras fokus pada pekerjaan. Cobalah ambil
nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan-lahan. Hal ini dapat meringankan beban
pikiran.
3.
Mendengarkan
music.
Musik
dapat membantu meningkatkan produktifitas kerja. Musik dapat membuat pikiran
lebih tenang sehingga konsentrasi kerja dapat terjaga.
4.
Ngemil
sehat.
Makan
besar hanya akan membuat kita mengantuk. Jadi carilah cemilan sehat, yang dapat
memberikan energi lebih banyak sehingga kita tetap bisa bekerja.
5.
Air
putih.
Mengkonsumsi
air putih sangat dianjurkan bagi orang yang sibuk bekerja. Asupan air putih
yang cukup bagi tubuh, akan meningkatkan kadar oksigen, yang mampu memberikan
energi dan menjaga konsentrasi kerja.
6.
Sekali-kali
ajaklah teman kantor mengobrol.
Ngobrol
tentang hal-hal yang ringan dan lucu dengan teman merupakan hiburan dan dapat
membantu mengatasi kejenuhan dan stress. Hindari obrolan mengenai pekerjaan
yang dapat membuat pikiran tambah stress.
7.
Ajaklah
teman untuk makan siang.
Makan
siang dapat meningkatkan hubungan silaturahim dengan sesama teman. Hal ini
dapat meningkatkan performa kerja, karena kita akan mendapatkan hal-hal baru
dari hasil obrolan tersebut.
8.
Sesekali,
alihkan pandangan mata dari layar computer. Terlalu sering terkena paparan
cahaya computer dapat berdampak
negative, seperti kepala pusing dan mata lelah.
(Sumber : Pikian Rakyat)
0 comments:
Post a Comment