Monday, 2 March 2015




Idealnya sebagai seorang pekerja atau pegawai, harus menyenangi dan mencintai apapun pekerjaannya. Namun, seberapapun besarnya cinta kita pada pekerjaan, terkadang beban tugas yang berat dan dibayangi tengat waktu, seringkali membuat seseorang menjadi stress. Padahal keadaan pikiran yang tidak segar itu bisa berdampak buruk bagi performa kerja. Stres bisa membuat seseorang menjadi mals-malasan, seringkali menunda pekerjaan dan menghasilkan laporan yang tidak maksimal.
Untuk mensiasati rasa jenuh, agar bisa rileks saat harus mengerjakan setumpuk pekerjaan yang dikejar target, antara  lain :
1.    Dahulukan bagian yang tersulit.
Saat baru memulai pekerjaan, biasanya masih fresh dan semangat. Gunakanlah kesempatan ini untuk melakukan pekerjaan yang dianggap berat dan sulit. Seiring berjalan waktu, makin lama semangat akan menurun, dan pekerjaan yang tersisa adalah bagian yang mudah.
2.    Dalam bekerja, jangan terpaku di atas kursi, di depan meja terus. Selingi dengan gerakan olahraga ringan untuk meregangkan otot dan relaksasi, sehingga pikiran dan hati akan lebih tenang.
Bagi seseorang yang lebih banyak bekerja dengan duduk, di saat otot-otot sudah terasa pegal dan kaku, cobalah untuk melakukan olahraga kecil. Gerakan-gerakan yang dilakukan berupa  stretching, peregangan, untuk mengurangi rasa pegal, sakit dan stress. Jangan terlalu memaksa otak untuk bekerja terlalu keras fokus pada pekerjaan. Cobalah ambil nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan-lahan. Hal ini dapat meringankan beban pikiran.
3.    Mendengarkan music.
Musik dapat membantu meningkatkan produktifitas kerja. Musik dapat membuat pikiran lebih tenang sehingga konsentrasi kerja dapat terjaga.
4.    Ngemil sehat.
Makan besar hanya akan membuat kita mengantuk. Jadi carilah cemilan sehat, yang dapat memberikan energi lebih banyak sehingga kita tetap bisa bekerja.
5.    Air putih.
Mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan bagi orang yang sibuk bekerja. Asupan air putih yang cukup bagi tubuh, akan meningkatkan kadar oksigen, yang mampu memberikan energi dan menjaga konsentrasi kerja.
6.    Sekali-kali ajaklah teman kantor mengobrol.
Ngobrol tentang hal-hal yang ringan dan lucu dengan teman merupakan hiburan dan dapat membantu mengatasi kejenuhan dan stress. Hindari obrolan mengenai pekerjaan yang dapat membuat pikiran tambah stress.
7.    Ajaklah teman untuk makan siang.
Makan siang dapat meningkatkan hubungan silaturahim dengan sesama teman. Hal ini dapat meningkatkan performa kerja, karena kita akan mendapatkan hal-hal baru dari hasil obrolan tersebut.
8.    Sesekali, alihkan pandangan mata dari layar computer. Terlalu sering terkena paparan cahaya computer  dapat berdampak negative, seperti kepala pusing dan mata lelah.
(Sumber : Pikian Rakyat)

0 comments:

Post a Comment