Monday, 11 May 2015


Manajemen waktu yang baik akan membantu dalam mempelancar dan menyelesaikan berbagai tugas sesuai dengan target yang diinginkan. Hal ini akan disukai perusahaan dimanapun tempat anda bekerja jika mampu Bekerja Efektif dan Efisien. Namun jika anda bersikap sebaliknya banyak menunda pekerjaan hingga menumpuk justru itu malah akan memperumit anda, ditambah lagi godaan untuk meng-update media sosial, kerap kali membuat yang harusnya tuntas jadi terbengkalai. Padahal, kalau anda mau mengoptimaalkan waktu, beberapa tugas yang diberikan atasan bisa selesai tepat waktu.

Seorang pakar di dunia kerja dan produktifitas yang bernama Grace Marshall, melihat bahwa setiap orang mestinya bisa bekerja lebih efisien. Perkembangan teknologi yang semestinya mendukung pekerjaan, justru menjadi gangguan terbesar. Grace Marshall juga menambahkan juga memberikan beberapa gambaran yang bisa jadi masukan buat perubahan terutama dalam Bekerja Efektif dan Efisien, diantaranya :

·         Konsentrasi dan Fokus. Dalam mencapai Bekerja Efektif dan Efisien, sebaiknya alokasikan waktu sehingga bekerja bisa konsentrasi dan fokus.

·         Gangguan merupakan musuh terbesar utama. Banyak hal yang kerap mengalihkan perhatian yang mengakibatkan sulit untuk Bekerja Efektif dan Efisien. Entah itu chatting di ponsel, isu terbaru di situs berita, atau obrolan sesama teman di ruang kerja. Kurangi distraksi semacam ini, dan sebisa mungkin jangan sampai terpengaruh. Misalnya dengan mematikan ponsel, social media, atau e-mail yang tak penting. Konsentrasilah pada yang dihadapi sehingga tidak mudah terganggu.

·         Multitasking sekedar mitos. Bila ada yang bilang setiap orang mestinya bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, anggapan ini hanya mitos. Faktanya seseorang akan bisa fokus dan maksimal mengerjakan satu hal secara bergantian. Jadi Bekerja Efektif dan Efisien tidak usah mencoba memikirkan bisa menuntaskan banyak hal dalam satu waktu.

·         Buat susunan daftar/ shedule pekerjaan. Saat di kantor, cobalah bikin daftar tugas yang harus dituntaskan. Baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Pembuatan daftar tugas yang harus dikerjakan ini akan membuat Bekerja Efektif dan Efisien karena membuat Anda fokus dan siap mental.

·         Jangan suka menunda pekerjaan. Sering kali karena menganggap ringan tugas, lantas menunda waktu untuk mengerjakannya. . pada akhirnya, ada banyak waktu yang terbuang percuma. Bekerja Efektif dan Efisien cobalah lakukan sekarang, di saat teringat dan sesuai jadwal.

·         Buat pengingat daftar di rumah. Jika ada daftar pekerjaan yang harus tuntas di kantor, hal ini sekadar sebagai pengingat, sekaligus membuat data tambahannya. Sekiranya dibutuhkan Bekerja Efektif dan Efisien, anda jadi tidak perlu susah mencari tahu atau kembali ke kantor.

·         Pandai membuat keputusan. Ada beberapa pekerjaan yang mungkin datangnya mendadak dan menuntut kecerdasan dalam membuat keputusan. Dengan Bekerja Efektif dan Efisien, akan lebih mudah membuat keputusan, bahkan dalam waktu singkat.

·         Gunakan pengingat waktu. Dalam setiap jenis pekerjaan maupun tugas, cobalah membuat pengingat waktu, kapan tugas tersebut bisa dituntaskan. Dengan begini ada konsentrasi yang lebih tercurah, dan anda mencoba realistis tanpa menunda-nunda agar Bekerja Efektif dan Efisien

·         Buatlah suasana ruang yang nyaman. Sebagian orang membutuhkan ruang nyaman untuk mengerjakan tugas yang dipunyai. Buat diri senyaman mungkin sehingga bisa menuntaskannya dengan segera, dan Bekerja Efektif dan Efisien.

·         Uraikan detail. Jika banyaknya pekerjaan yang menumpuk bisa jadi anda stres, cobalah urai satu per satu. Dengan menjadikannya detail dan dimulai dari perkejaan yang di anggap mudah, semua pekerjaan janggan dianggap sulit agar anda lebih bersemangat menuntaskannya dan Bekerja Efektif dan Efisien.

(Sumber : tipskarir.com)
#SPUBerbagi

0 comments:

Post a Comment