Manajemen waktu yang
baik akan membantu dalam mempelancar dan menyelesaikan berbagai tugas sesuai
dengan target yang diinginkan. Hal ini akan disukai perusahaan dimanapun tempat
anda bekerja jika mampu Bekerja Efektif dan Efisien. Namun jika anda
bersikap sebaliknya banyak menunda pekerjaan hingga menumpuk justru itu malah
akan memperumit anda, ditambah lagi godaan untuk meng-update media sosial,
kerap kali membuat yang harusnya tuntas jadi terbengkalai. Padahal, kalau anda
mau mengoptimaalkan waktu, beberapa tugas yang diberikan atasan bisa selesai
tepat waktu.
Seorang pakar di dunia kerja dan produktifitas
yang bernama Grace Marshall, melihat bahwa setiap orang mestinya bisa bekerja
lebih efisien. Perkembangan teknologi yang semestinya mendukung pekerjaan,
justru menjadi gangguan terbesar. Grace Marshall juga menambahkan juga
memberikan beberapa gambaran yang bisa jadi masukan buat perubahan terutama
dalam Bekerja Efektif dan Efisien, diantaranya :
·
Konsentrasi dan Fokus.
Dalam mencapai Bekerja Efektif dan Efisien, sebaiknya alokasikan waktu sehingga
bekerja bisa konsentrasi dan fokus.
·
Gangguan merupakan
musuh terbesar utama. Banyak hal yang kerap mengalihkan perhatian yang
mengakibatkan sulit untuk Bekerja Efektif dan Efisien. Entah itu chatting di
ponsel, isu terbaru di situs berita, atau obrolan sesama teman di ruang kerja.
Kurangi distraksi semacam ini, dan sebisa mungkin jangan sampai terpengaruh.
Misalnya dengan mematikan ponsel, social media, atau e-mail yang tak penting.
Konsentrasilah pada yang dihadapi sehingga tidak mudah terganggu.
·
Multitasking sekedar
mitos. Bila ada yang bilang setiap orang mestinya bisa mengerjakan banyak hal
dalam satu waktu, anggapan ini hanya mitos. Faktanya seseorang akan bisa fokus
dan maksimal mengerjakan satu hal secara bergantian. Jadi Bekerja Efektif
dan Efisien tidak usah mencoba memikirkan bisa menuntaskan banyak hal dalam
satu waktu.
·
Buat susunan daftar/
shedule pekerjaan. Saat di kantor, cobalah bikin daftar tugas yang harus
dituntaskan. Baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Pembuatan daftar
tugas yang harus dikerjakan ini akan membuat Bekerja Efektif dan Efisien
karena membuat Anda fokus dan siap mental.
·
Jangan suka menunda
pekerjaan. Sering kali karena menganggap ringan tugas, lantas menunda waktu
untuk mengerjakannya. . pada akhirnya, ada banyak waktu yang terbuang percuma.
Bekerja Efektif dan Efisien cobalah lakukan sekarang, di saat teringat dan
sesuai jadwal.
·
Buat pengingat daftar
di rumah. Jika ada daftar pekerjaan yang harus tuntas di kantor, hal ini
sekadar sebagai pengingat, sekaligus membuat data tambahannya. Sekiranya
dibutuhkan Bekerja Efektif dan Efisien, anda jadi tidak perlu susah mencari
tahu atau kembali ke kantor.
·
Pandai membuat
keputusan. Ada beberapa pekerjaan yang mungkin datangnya mendadak dan menuntut
kecerdasan dalam membuat keputusan. Dengan Bekerja Efektif dan Efisien, akan
lebih mudah membuat keputusan, bahkan dalam waktu singkat.
·
Gunakan pengingat
waktu. Dalam setiap jenis pekerjaan maupun tugas, cobalah membuat pengingat
waktu, kapan tugas tersebut bisa dituntaskan. Dengan begini ada konsentrasi
yang lebih tercurah, dan anda mencoba realistis tanpa menunda-nunda agar
Bekerja Efektif dan Efisien
·
Buatlah suasana ruang
yang nyaman. Sebagian orang membutuhkan ruang nyaman untuk mengerjakan tugas
yang dipunyai. Buat diri senyaman mungkin sehingga bisa menuntaskannya dengan
segera, dan Bekerja Efektif dan Efisien.
·
Uraikan detail. Jika
banyaknya pekerjaan yang menumpuk bisa jadi anda stres, cobalah urai satu per
satu. Dengan menjadikannya detail dan dimulai dari perkejaan yang di anggap
mudah, semua pekerjaan janggan dianggap sulit agar anda lebih bersemangat
menuntaskannya dan Bekerja Efektif dan Efisien.
(Sumber : tipskarir.com)
#SPUBerbagi
0 comments:
Post a Comment