Promosi merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan barang
atau jasa yang Anda tawarkan. Pengusaha pemula sering kebingungan bagaimana
berpromosi dengan efektif dan efisien. Sebelum berpromosi atau memiliki strategi
pemasaran, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan lebih dahulu.
Pertama, perlu dipikirkan apa yang menjadi
keunggulan/keunikan bisnis Anda, misalnya harga jual lebih murah, pengantaran
tepat waktu, dan sebagainya.
Kedua, situasi pasar atau pesaing yang ada di pasar, apakah
pasar dikuasai oleh tengkulak besar, perusahaan besar, koperasi, atau usaha
perorangan dan bagaimana tingkat kualitas atau harga jual produk mereka.
Ketiga, harapan konsumen terhadap produk atau jasa Anda
secara umum, misalkan harga jual, penghantaran produk, kualitas, dan lain-lain.
Setelah menelaah pembahasan di atas, sekarang pilih segmen
konsumen Anda. Kemudian, ceritakan kelebihan produk atau layanan Anda.
Jika usaha Anda relatif baru, mulailah dengan menawarkan harga
yang lebih murah dibanding pesaing-pesaing telah ada. Meski begitu jangan
mengorbankan margin laba yang terlalu banyak.
Selamat mencoba. (as)
(Sumber :
ciputraentrepreneurship.com)
#SPUBerbagi
0 comments:
Post a Comment